Catatan Seorang Ibu

Lomba 2014

berikut lomba-lomba di September yang bisa diikuti! Semangat Dears…

DL 8 Sep

EVENT MENULIS PUISI DAN CERMIN – DL 08 SEPTEMBER 2014

Asssalamu’alaikum. Wr. wb

“Alam takambang jadikan guru”. Sebuah pepatah yang sering kita dengar dan mempunyai makna yang dalam untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Alam terbentang sebagai tempat tinggal kita. Hidup dan tumbuh disaksikan oleh alam. Begitu juga dengan kita yang menyaksikan alam setiap harinya. Tentu banyak hal yang dapat kita pelajari dari alam itu sendiri yang menompang kehidupan kita.

Padi yang semakin berisi semakin merunduk mencerminkan kerendah hatian. Atau belut yang tak berlumpur di sarangnya mencerminkan tidak mudah terpengaruh dengan keadaan sekeliling. Dan masih banyak hal lain yang dapat kita pelajari dari alam.

Kali ini PJ Tri bersama dengan Penerbit Mafaza Media mengadakan event menulis puisi dan Cerpen dengan tema “Berguru pada Alam”.

Sebelumnya yuk simak syarat dan ketentuan untuk mengikuti event ini:

SYARAT PESERTA
Event ini dapat diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia, tanpa batasan usia dan jenis kelamin.

SYARAT NASKAH
Tulis subjek dan nama file naskahmu dengan format:
Ditulis dalam bahasa Indonesia dan merupakan karya asli penulis. Dengan mengikuti event ini, penulis menyatakan bahwa karyanya merupakan murni kasrya aslinya dan jika ada tuntutan pelanggaran hak kekayaan intelektual maka akan menjadi tanggung jawab penulis.
Judul tulisan bebas, dengan tetap sesuai tema “Berguru pada Alam”. Dan mengadung pembelajaran yang patut untuk ditiru. Mari berimajinasi.
Naskah Puisi diketik rapi Ms. Word 2003/2007, maksimal 1 halaman A-4, Times New Roman 12pt, 1,5 spasi, dengan margin rata-rata 3 cm untuk setiap tepi
Naskah Cermin (Cerita Mini) diketik rapi Ms. Word 2003/2007, 2-3 halaman, format A-4, Times New Roman 12pt, 1,5 spasi, dengan margin rata-rata 3 cm untuk setiap tepi.
Isi naskah tidak mengandung unsur SARA dan pornografi
Naskah belum pernah dipublikasikan dimedia apapun, baik cetak, elektronik, maupun online, dan tidak sedang diikutkan pada lomba manapun
Setiap peseta hanya boleh mengirimkan maks 1 naskah Puisi dan 1 naskah Cerpen (Boleh ikut keduanya atau salah satunya saja)
Pada akhir naskah harap sertakan biodata lengkap dalam bentuk narasi dalam 50 kata meliputi nama, alamat e-mail, dan nomor telepon yang masih aktif. Boleh juga menyertakan akun social media. (dijadikan dalam satu file).
Kirim naskah ke alamat e-mail adnan17wafer@gmail.com
Untuk Puisi : PUISI_JUDUL_Nama Penulis. Untuk CERMIN : CERMIN_JUDUL_Nama Penulis Naskah dikirim dalam bentuk attachment, bukan ditulis di dalam badan e-mail.

C.SYARAT LAINNYA

Wajib menyertakan judul naskah di bagian atas halaman.
Tulis namamu di bawah judul naskah
Peserta wajib LIKE facebook fanpage : https://www.facebook.com/PusatInfoBisnisOnline?ref=hl serta bergabung di group Antologi Penerbit Mafaza Media https://www.facebook.com/groups/901790979866133/
Follow akun twitter Penerbit Mafaza Media di https://twitter.com/mafazamedia
Posting event ini di NOTE FB masing-masing. Tag 20 orang termasuk Penerbit Mafaza Media
Event ini berlangsung sampai dengan 08 September 1014 (pukul 23.59)
Update peserta dapat dilihat di doc grup Penerbit Mafaza setiap hari senin dan kamis
Pengumuman pemenang selambat-lambatnya tanggal 16 September 2014
Perhatikan baik-baik persyaratan diatas. Bagi peserta yang mengirimkan naskah tidak sesuai dengan format maka naskah akan dianggap tidak sah. Pahami syarat dan ketentuannya sebelum mengirim. Jangan lupa untuk memposting event ini.

HADIAH
Akan dipilih 50 naskah puisi dan 20 naskah Cerpen dan akan dipilih 4 naskah terbaik dari keseluruhan naskah yang dipilih (2 naskah untuk Puisi dan 2 naskah untuk Cerpen). Jadi ada 2 pemenang dalam 1 kategori naskah.

Juara 1 : Voucher penerbitan 200rb

Juara 2 : Voucher penerbitan 150rb Naskah Cerpen dan puisi yang layak terbit akan diterbitkan dalam buku dan akan mendapatkan e-sertifikat. Voucher penerbitan berlaku sampai 31 Desember 2014.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi: PJ Tri (https://www.facebook.com/tri3.adnan)

*****

DL 14 Sep

LOMBA TETRALOGI CINTA (SESI KEDUA). DL: 14 SEPTEMBER 2014

OLEH : RISTY ARVEL DAN OCHA THALIB

Jumpa lagi dengan event di Meta Kata. Ini adalah event pertama kami setelah dua bulan kami rehat dari event melalui facebook. Ini event lanjutan dari tetralogi cinta sesi pertama yang telah sukses digawangi oleh saya, Risty Arvel dan Bunda Ocha Thalib.

Event sesi kedua ini mengangkat 2 tema event yaitu : Love triangle dan Forbidden Love. Tema “Love Triangle” akan dipegang oleh saya dan “Forbidden Love” yang akan dipegang oleh Bunda Ocha Thalib. Masing-masing tema (baik Love Triangle maupun Forbidden Love) akan mengambil 20 ff dan 30 puisi yang akan dibukukan.

Oke tak perlu berpanjang-panjang, ya, simak aja persyaratannya sebagai berikut :

Adapun persyaratan lomba sebagai berikut:

Lomba terbuka untuk umum.
Lomba dibuka dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 14 September 2014 (pukul 23:59 WIB).
Membagikan info lomba ke minimal 20 teman facebook, twitter, atau posting di blog pribadi (pilih salah satu).
Like FB FansPage Penerbit Meta Kata(https://www.facebook.com/PenerbitMetaKata), follow twitter @MetaCreativePro(https://twitter.com/MetaCreativePro), dan bergabung dalam grup FB Pena Meta Kata(https://www.facebook.com/groups/152970934881025/).
Info seputar lomba akan di-posting di FB FansPage, twitter, dan grup FB yang dikelola Meta Kata.
Naskah dalam bentuk:
Flash Fiction : panjang naskah maksimal 700 kata, ditambah biodata narasi maksimal 50 kata (lengkapi dengan akun facebook dan alamat email). Naskah dan biodata narasi tidak boleh dipisahkan.

Puisi : panjang naskah 16 baris boleh ditulis dalam 4 bait boleh lebih dan ditambahkan biodata narasi maksimal 50 kata (lengkapi dengan akun facebook dan alamat e-mail) Biodata narasi tidak boleh dipisah dengan naskah.

File naskah menggunakan format Ms. Word 2003/2007, A4, Time New Roman 12pt, spasi 1.5cm, batas margin rata-rata 3 cm (1,18 inci) untuk setiap sisi.
Tulis subjek email dan nama file: Puisi/ff_judul_nama penulis jika dikirim untuk event “Love Triangle” maka kirim ke arvelristy13@gmail.com sedangkan bila dikirim untuk event “Forbidden Love” maka kirim ke pena.metakata@gmail.com
Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya dalam satu tema, boleh ikutan kedua tema, tapi tidak boleh mengirim dalam bentuk puisi sekaligus ff untuk satu tema. Misal : mengirimkan ff untuk tema “Forbidden Love” dan puisi untuk tema “Love Triangle”, atau puisi untuk tema “Forbidden Love” dan ff untuk tema “Love Triangle”, atau puisi kedua tema atau ff kedua tema.
Update peserta bisa dilihat di dokumen grup “pena meta kata” dengan nama “Update Peserta event Love Triangle” untuk event “Love Triangle” dan “Update Peserta Event Forbidden Love” untuk event “Forbidden Love”. Update akan dilakukan oleh masing-masing PJ.
Akan dipilih 2 (dua) naskah pemenang masing-masing event yang akan mendapatkan hadiah berikut:
FF terbaik : Pulsa Rp 25.000 + Voucer Penerbitan Senilai Rp 100.000 + E-sertifikat

Puisi terbaik : Pulsa Rp 15.000 + Voucer Penerbitan Senilai Rp 100.000 + E-sertifikat

#Catatan: Hadiah dalam bentuk VOUCHER PENERBITAN, hanya berlaku selama 6 bulan setelah pengumuman pemenang dan tidak dapat diuangkan juga tidak dapat digabungkan dengan voucher lainnya.

Selain naskah pemenang, juga akan dipilih puluhan naskah nominator yang akan dibukukan bersamaan dengan naskah pemenang dan setiap nominator akan mendapatkan diskon 10% dalam pembelian buku terbit dan kontributor yang membeli akan memperoleh sertifikat cetak dan e-sertifikat yang dikirim ke e-mail.
Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 24 september 2014
Oke, Selamat berkarya….

Salam,

a.n.

Penanggungjawab

Risty Arvel dan Bunda Ocha Thalib

*****

DL 15 Sep

Event Puisi Cinta – Trio PJ Pena House (Rien Milansi, Wahyu Widyaningrum, dan Titin Amelia)
Guys, ada satu lagi event seru buatmu, yaps… Ambil kesempatan yang terbuka ini ya🙂

Siapa Yang ingin puisinya dibukukan dalam antologi terbaru kami “Katanya Ini Cinta” Kami akan memilih 30 puisi untuk dibukukan bersama buku terbaru kami tersebut. Puisinya sih tentang cinta yang pasti sesuai tema. Cinta yang universal boleh cinta kepada orangtua, sahabat, kekasih, saudara, tanah air bahkan binatang piaraan hehehe….

Ayo segera kirimkan puisi terbaikmu kepada kami.

(BACA SYARATNYA DENGAN TELITI, NASKAH YANG TIDAK SESUAI SYARAT LANGSUNG DIDISKUALIFIKASI ATAU TIDAK TERUPDATE)

1.Like fp https://www.facebook.com/pages/Buku-Bacaan-Murah/637592506329496 dan fp https://www.facebook.com/penaagency

2.Naskah harus karya asli, belum pernah dipublikasikan di media apapun dan naskah tidak diikutkan dalam event apapun.

Bergabung di grup https://www.facebook.com/groups/laviraazzahra/
Copas info ini ke note fbmu, lalu tag info tersebut ke 25 teman fbmu.
Naskah harus berbentuk puisi dengan tema cinta dan kasih sayang
Naskah Asli bukan plagiasi dan tidak sedang diikutkan dalam event apapun. Diketik pada lembar A4 MS.Word 2003/2007, font Times New Roman 12pt, spasi 1,5 , panjang maksimal 17 baris (termasuk judul), sertakan titimangsa di akhir puisi (contoh : Sragen, 1 Juli 2014), dan jangan lupa sertakan biodata narasi max. 50 kata(Biodata di akhir naskah ya jangan dipisah)
Naskah dikirim ke email Rindoeboelan@yahoo.com cc titinamelia31@gmail.com dengan subject KC-NAMAMU-JUDUL di lampiran ya jangan di badan email.
DL 15 September jam 12 malam.
Hasil akan diumumkan pada tanggal 30 September 2014.10.
Peserta hanya boleh mengirimkan 1 karya terbaiknya.

seluruh kontributor terpilih akan mendapatkan e-sertifikat, voucher penerbitan senilai 50 ribu dan potongan harga 10% jika membeli buku terbitnya.

Salam Pena,

Rien Milansi, Wahyu Widyaningrum, & Titin Amelia.

*****

DL 20 Sep

Event Menulis Cerpen “Menjadi Wanita Paling Bahagia” (DL 20 Sept ’14)

Bismillahirrahmanirrohiim,

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarokatuh,

Bahagaia. Siapa yang tak ingin bahagia? Termasuk juga kita para wanita tentu ingin bahagia. Namun, kesulitan hidup kadang terasa begitu menghimpit hingga kita lupa bersyukur dan merasa tak pernah bahagia. Wanita, bersabarlah… sungguh setelah kesulitan ada kemudahan. Wanita, bersyukurlah… karena dalam syukur kan kau temui bahagia.

Yuk, para wanita…

Bagikan kisah kalian dalam meraih bahagia dan semoga tulisan kalian mampu mengispirasi wanita lainnya agar tetap bahagia dikala sulit maupun senang, karena sejatinya ada Allah di sisi kita, lalu untuk apa terus bersedih? Berbahagialah!

Ketentuan Event:

Peserta adalah WANITA
Bergabung dengan grup Annisa (https://www.facebook.com/groups/473972969339090/)
Mengikuti Facebook Penerbit Asrifa (https://www.facebook.com/asrifa.publisher?ref=ts&fref=ts), me-Like FP Penerbit Asrifa (https://www.facebook.com/AsrifaOnline) dan follow @SahabatAsrifa
Berteman dengan PJ Event Ade Assyifa (https://www.facebook.com/Azzam.Ade) atau follow @DeirSyifa
Membagikan info ini kepada 15 orang temanmu termasuk Penerbit Asrifa, Setetes Embun dan Ade Assyifa
Isi naskah dapat berupa Fiksi atau True Story yang Inspiratif
Tema: Menjadi Wanita Paling Bahagia
Sub Tema:

Bahagia Saat Masih/Sedang Sendiri
Bahagia Menjadi Istri
Bahagia Menjadi Ibu
Format Naskah:
Diketik rapi pada kertas A4, 4-6 halaman, align justify, Font Times New Roman 12, margin 3-3-3-3 atau 1,18 inci pada tiap sisi

Masing-masing peserta hanya boleh mengirimkan satu cerpen untuk setiap sub tema.
Naskah merupakan karya sendiri, belum pernah dipublish dan tidak diikutsertakan dalam lomba manapun.
Setiap peserta wajib melampirkan biodata narasi maksimal 50 kata yang ditulis pada bagian akhir naskah dengan mencantumkan nama akun Fb
Format File:
Bahagia Saat Masih/Sedang Sendiri
Wanita1_FF/FTS_Nama Penulis_Judul Cerpen

Bahagianya Menjadi Istri:
Wanita2_FF/FTS_Nama Penulis_Judul Cerpen

Bahagianya Menjadi Ibu:
Wanita3_FF/FTS_Nama Penulis_Judul Cerpen

Naskah dikirim ke wanita2bahagia@gmail.com dengan Format Subjek: Wanita1/2/3_FF/FTS_Nama Penulis_Judul Cerpen. Contoh: Wanita1_FF_Ade Assyifa_I’m Single and Happy
Pengiriman naskah dimulai dari tanggal 30 Agustus 2014 sampai 20 Semptember 2014 pukul 24:00 WIB.
Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2014, InsyaAllah
Reward:
Akan dipilih 3 pemenang yang masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa voucher penerbitan senilai @Rp 200.000 dan e-sertifikat.
Semua naskah cerpen yang terpilih akan dibukukan dalam bentuk antologi.
Semua tim penulis (kontributor) berhak mendapat e-sertifikat dan diskon 10% untuk membeli buku terbit.
Kontributor juga mendapatkan diskon 15% apabila menerbitkan buku di Penerbit Asrifa
Selamat Berkarya dan Menginspirasi Dunia!

*****

ADA EVENT PUISI DAN CERMIN GERATISSS!!! 20 Sep
Mau menjadi bagian penulis di dalam cover buku ini?, segera baca persyaratannya di bawah ini, jika sudah matang segeralah kirim naskahnya. semoga barakah

Lomba terbuka untuk umum
2. Penerimaan naskah dibuka dari tanggal 11 Agustus 2014 sampai dengan 20 September 2014
3. Membagikan info lomba ini ke minimal 25 teman facebook
4. Gabung dengan grup FB Goresan Pena Publishing, Like FP “Goresan Pena Publishing II” dan ADD FB PJ Madi Ar-Ranim (https://www.facebook.com/madi.elkhayyan), tujuannya agar mempermudah peserta untuk mengakses info lebih lanjut seputar lomba ini.
5. Naskah belum pernah dipublikasikan dimana pun, belum pernah digunakan untuk perlombaan lainnya. Jadi naskah harus ter-update dan tidak boleh mengandung unsur SARA
6. Kirim tulisanmu dalam bentuk lampiran, badan email dibiarkan kosong
7. Peserta boleh mengirim satu naskah terbaiknya dan dianjurkan untuk mengikuti kedua kategori (Puisi dan Cermin), akan tetapi ikut salah satunya pun tidak bermasalah
8. Semua naskah yang memenuhi persyaratan akan dibukukan
9. Silahka baca info di atas dengan teliti, PJ tidak akan menjawab pertanyaan yang sudah ada ketentuannya di atas
10. Hadiah untuk pemenang utama, akan mendapatkan 1 buku terbit dari Goresan Pena Publishing
11. Seluruh kontributor akan mendapatkan e-sertifikat dan ptongan harga 5% untuk membeli buku terbit ini, sebagai pengganti royalti.
PUISI
1. Tema : Bahari (Kelautan)
2. Format : Lucida Calligraphy 12, spasi 1, rata tengah, margin 3-3-3-3
3. Jumlah : 1 halaman
4. Diakhir naskah Puisi beri tanda kurung (Kota asal, tanggal pembuatan), seperti (Serang, 17 Agustus 2014 )
5. berikan Quotes karya pribadi tentang kelautan di akhir naskah, maximal 5 baris dan diakhir quotes berikan tanda kurung (Nama Lengkap, Profesi/jabatan), misal (Wika W, Ketua Pendamping Keilmiahan ITS).
6. Kirim ke email : event.goresan.pena@gmail.com dan cc : bahari.writing@gmail.com
7. Subjek email dan nama file : @Kelautan_Puisi_Judul_Nama Pena
8. kirim foto terbaik dalam bentuk jpeg atau jpg
CERMIN (Cerita Mini)
1. Tema : Negeriku
2. Format : TNR 12, spasi 1,5, justify, margin 3-3-3-3
3. Jumlah : 500 kata
4. berikan Quotes karya pribadi tentang negeri Indonesia di akhir naskah, maximal 5 baris dan diakhir quotes berikan tanda kurung (Nama Lengkap, Profesi/jabatan), misal (Wika W, Ketua Pendamping Keilmiahan ITS).
5. Kirim ke email : event.goresan.pena@gmail.com dan cc : negeri.writing@gmail.com
6. Subjek email dan nama file : @Negeriku_Cermin_Judul_Nama Pena
7. kirim foto terbaik dalam bentuk jpeg atau jpg
Wassalam

Madi Ar-Ranim

*****

Lomba Menulis Cerpen Remaja bertema “Ini Aku Ini Hidupku” RADITEENS PUBLISHER DL 20 September 2014 PJ Isna Nurul

Terkadang hidup membuat kita harus menuruti kemauan orang-orang yang ada di sekitar. Menuntut kita harus begini atau begitu. Memaksa kita harus mengatakan “iya” untuk sesuatu yang memburukkan kita, sesuatu yang tidak kita mau. Padahal, hidup adalah hak perseorangan, dan seharusnya, mereka tau, bahwa kita yang lebih tau apa yang terbaik buat diri kita sendiri. Terkadang, kita butuh keberanian untuk mengatakan “tidak”. Butuh keberanian untuk menutup telinga rapat-rapat dari amarah, gosip, dan cemoohan orang. Dengan berani memegang teguh pendirian dan sesuatu yang menurut kita benar.

Daripada cuma dipendam dalam hati,yuk ceritakan kisah perjuanganmu melindungi komitmen yang kau pilih. Dan inspirasikan kepada semua orang, untuk dapat memegang teguh pendirian. Syarat dan ketentuan:

Bergabung di Grup Kepenulisan“Write With Love” dan berteman dengan akun Facebook PJ Event yakni Isna Nurul ( https://m.facebook.com/nha.unyuunyu1?ref_component=mbasic_home_header&ref_page=XNotesPermalinkController ) dan penerbit Raditeens Publisher
Like Fanspage Raditeens Publisher
Cerpen ditulis dalam format Ms.Word, A4, TNR font 12 spasi 1,5 margin normal, 4-5 halaman, sudut pandang orang pertama (aku/saya)
Sertakan biodata singkat yang berisi nama asli/nama pena, akun Facebook, dan tempat tinggal.
1 peserta maksimal mengirim 2 cerpen.
Kirim naskah ke e-mail: cra.raditeens@gmail.com dalam bentuk lampiran, bukan di badan email.
Subjek dan Nama File: CR_judul _nama penulis (perlu diperhatikan, karena kesalahan banyak terletak disini)
Deadline: 20September 2014, pukul 23.59 WIB
Naskah merupakan karya asli penulis, tidak mengandung unsur SARA, dll.
Copas info ini ke note FB peserta dan tag ke minimal 15 teman FB,termasuk PJ Event
Pengumuman peserta yang lolos selambatnya dua minggu setelah deadline dan diinfokan di Grup Kepenulisan“Write With Love”
Update peserta bisa dilihat diGrup Kepenulisan “Write With Love”
Naskah terpilih akan dibukukan (menyesuaikan), jadi akan dilakukan seleksi demi menjaga kualitas karya.
Segala pertanyaan, inbox PJ Dan dari karya terpilih yang lolos untuk dibukukan, nantinya akan dipilih kembali 2 peserta dengan karya terbaik yang akan mendapatkan :
Terbaik1 mendapatkan Voucher Penerbitan senilai Rp.150.000 (tidak dapat diuangkan) Pulsa25.000 e-sertifikat
Terbaik2 mendapatkan Voucher Penerbitan senilai Rp.100.000 (tidak dapat diuangkan) Pulsa 20.000 e-sertifikat
Semua kontributor terpilih nantinya akan mendapatkan e-sertifikat

Baiklah, kami tunggu karya-karya terbaik kalian. Jangan nunggu deket-deket deadline yah, segera kirimkan karyamu. Kalaubisa sekarang, kenapa harus nanti. ^_^

Grup Kepenulisan Write With Love,

Keep Silent, Write the Best

Isna Nurul

*****

DL 28 Sep

Lomba Cipta Cerpen DL 28 September

Tema:

“Selamatkan Perempuan dari Tindak Asusila dan Kekerasan”

Sebelum membaca info lebih lanjut, terlebih dahulu, bacalah beberapa penggalan berita dan artikel dibawah ini:

Kamis,28 Agustus 2014 (15:58 WIB)

MAJENE, KOMPAS.COM – Dua anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)Kota Majene dilaporkan memerkosa dua gadis remaja, Kamis (28/8/2014). Kedua pelaku diduka melakukan perbuatan tak senonoh itu pada Rabu (27/8/2014) malam setelah menggelar razia.

Informasi yang dihimpun KOMPAS.COM, peristiwa itu bermula ketika pada Rabu malam sejumlah petugas Satpol PP Kota Majene melakukan razia di sebuah taman kota. mereka menangkap basah dua pasangan anakmudayang sedang berpacaran di taman tersebut.

Setelah itu, sang pria dari masing-masing gadis ABG itu dilepas dan dipersilahkan pulang, sementara yang perempuannya dibawa ke kantor Satpol PP Majene. Setelahitu, kedua gadis rema itu dibawa oleh dua anggota tersebut ke ruang pola kantorBupati Majene. Di tempat inilah kedua korban mengaku diperkosa oleh dua anggota Satpol PP Majene.

Dan sesudah diperkosa, kedua ABG ini baru dipersilahkan pulang ke rumahnya….

(untuk berita lebih lanjut, silahkan kunjungialamat ini)

Sumber:http://kom.ps/AFmGCo

Perkosaan sebagai salah satu bentuk kekerasan jelas dilakukan dengan adanya paksaan baik secara halus maupun kasar. Hal ini akan menimbulkan dampak sosial bagi perempuan yang menjadi korban perkosaan tersebut. Hubungan seksual seharusnya dilakukan dengan adanya berbagai persiapan baik fisik maupun psikis daripasangan yang akan melakukannya. Hubungan yang dilakukan dengan cara tidak wajar, apalagi dengan cara paksaan akan menyebabkan gangguan pada perilaku seksual (Koesnadi, 1992). Sementara itu, korban perkosaan berpotensi untuk mengalami trauma yang cukup parah karena peristiwa perkosaan tersebut merupakan suatu hal yang membuat shock bagi korban. Goncangan kejiwaan dapat dialami padasaat perkosaan maupun sesudahnya. Goncangan kejiwaan dapat disertai dengan reaksi-reaksi fisik (Taslim, 1995). Secara umum peristiwa tersebut dapat menimbulkan dampak jangka pendek maupun jangka panjang. Keduanya merupakan suatu proses adaptasi setelah seseorang mengalami peristiwa traumatis (Hayati,2000). Korban perkosaan dapat menjadi murung, menangis, mengucilkan diri, menyesali diri, merasa takut, dan sebagainya

Upaya korban untuk menghilangkan pengalaman buruk dari alam bawah sadar mereka sering tidak berhasil. Selain kemungkinan untuk terserang depresi, fobia, dan mimpi buruk, korban juga dapat menaruh kecurigaan terhadap orang lain dalam waktu yang cukup lama. Ada pula yang merasa terbatasi di dalam berhubungan dengan orang lain, berhubungan seksual dan disertai dengan ketakutan akan munculnya kehamilanakibat dari perkosaan. Bagi korban perkosaan yang mengalami trauma psikologis yang sangat hebat, ada kemungkinan akan merasakan dorongan yang kuat untuk bunuh diri.

Korban perkosaan memiliki kemungkinan mengalami stres paska perkosaan yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu stres yang langsung terjadi dan stres jangka panjang. Stres yang langsung terjadi merupakan reaksi paska perkosaan sepertikesakitan secara fisik, rasa bersalah, takut, cemas, malu, marah, dan tidak berdaya. Stres jangka panjang merupakan gejala psikologis tertentu yangdirasakan korban sebagai suatu trauma yang menyebabkan korban memiliki rasa percaya diri, konsep diri yang negatif, menutup diri dari pergaulan, dan juga reaksi somatik seperti jantung berdebar dan keringat berlebihan. Stres jangkapanjang yang berlangsung lebih dari 30 hari juga dikenal dengan istilah PTSDatau Post Traumatic Stress Disorder (Rifka Annisa dalam Prasetyo, 1997).

Setelah membaca penggalan berita dan artikel di atas, kepada anda sekalian wahai, kaum adam, sebagai lelaki, tidakkah anda merasa dipermalukan oleh sekumpulan kriminal bejat yang berjenis kelamin sama dengan anda, sehinga tercorenglah nama baik lelaki yang pada hakikatnya diciptakan sebagai pelindung kaum wanita yang lemah? Tidakkah anda ingin mengutuk perbuatan mereka atau mendatanginya langsung sekedar untuk memberikan hantaman-hantaman gratis sebagai bentukhukuman yang nyata?

Dan juga kepada anda sekalian, wahai, kaum wanita, tidakkah anda merasa resah dan terancam dengan keberadaan kaum lelaki bejat seperti ini, yang mungkin bisa mendatangkan malapetaka bagi anda suatu saat nanti? Dan sebagai sesama wanita, tidakkah anda merasa kasihan pada mereka yang menjadi korban dari kebiadabanini?

Tentu saja, tak peduli itu perempuan ataupun lelaki, asalkan masih memiliki iman dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral agama, kita semua pasti merasa kesal danjengkel dengan apa yang telah terjadi pada mereka. Ingin mengutuk, membela, dan lain sebagainya.

Karena itulah, atas nama moral dan keperdulian kita terhadap kaum wanita yang lemah dan tertindas, bekerja sama dengan penerbit Indie Pena House, saya mengajak anda sekalian untuk mengikuti Lomba Cipta Cerpen dengan tema “Lindungi Perempuan dari Tindak Asusila dan Kekerasan”, yang tujuannya adalah untuk menyuarakan kepedulian kita terhadap kaum wanita dan menyadarkan segenap masyarakat dari tiap lapisan sosial untuk melindungi kaum wanita dari tindak asusila dan kekerasan.

Adapun ketentuan umum untuk mengikutievent ini sebagai berikut:

Bergabung dengan grup Galeri Lavira Az-Zahra.
Sebarkan info ini minimal ke 10 orang teman anda (diusahakan yang gemar menulis)
Ketentuan Naskah :

Cerpen sesuai dengan tema lomba.
Tiap cerpen haruslah memuat unsur kepedulian dan seruan untuk melindungi kaum wanita dari tindak asusila dan kekerasan.
Tidak berpotensi memicu konflik SARA dan berbau Pornografi.
Orisinil.
Tidak sedang atau telah diikut sertakan pada lomba serupa.
Panjang cerpen minimal 4 dan maksimal 6 halaman A4, Calibri 12, margin Top 4, Left 4, Right 3,Bottom 3 (dalam ukuran cm).
Peserta dibolehkan mengirim lebih dari satu cerpen (mak. 2 cerpen)
Menyertakan biodata narasi maksimal 100 kata. Sertakan pula nomor kontak yang bisadi hubungi oleh PJ untuk pengiriman hadiah.
Pengiriman naskah :

Kirim naskah ke alamat email a.barrud.d@gmail.com (attachment,tidak di badan email).

cc ke : laviraazzahra93@gmail.com

Dengansubject: LKP_Nama Penulis_Judul Naskah.

Hadiah untuk 21 cerpen terpilih:

Juara 1. Tropi +sertifikat plus laminating (untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan saat proses pengiriman) + 1 buku terbit dari Pena House.
Juara 2. Tropi +sertifikat plus laminating + 1 buku terbit dari Pena House.
Juara 3. Tropi +sertifikat plus laminating + 1 buku terbit dari Pena House.
E-Sertifikat untuk 18 kontributor.
Dan 21 cerpen terpilih akan diterbitkan dalam buku antologi cerpen “Air Mata Wanita”
Kriteria penilaian :

Sebelum mulai menulis, perhatikanlah hal-hal berikut agar cerpen anda berpotensi menjadi juara.

Cerpen haruslah dapat memancing emosi pembaca sehingga tertarik untuk memperjuangkan hak kaum wanita.
Memuat pesan-pesan moral yang kuat
Cara pengungkapan tidaklah klise atau paling tidaknya menjauh dari klise.
Sesuai EYD.
Cerpen yang mampu mengulas tuntas sebab terjadinya tindak asusila dan kekerasan pada wanita(tergantung dari kasus dalam cerita yang diangkat penulis), dan disertai pula dengan solusi-solusi pencegahan atau tindakan untuk menindak kasus yang telah terjadi, tanpa mengurangi esensi cerpen dan nilai estetikanya, bisa dipastikan akan memperoleh nilai tinggi.
Dan diusahakan agar peserta lomba melakukan riset bahan cerita seputar tema pada beberapa media pemberitaan tentang kasus-kasus perempuan korban tindak asusila, diskriminasi, kekerasan dan sejenisnya, agar cerita yang disajikan peserta tidak monoton pada satu kasus saja, misalnya pemerkosaan, karena kasus-kasus naas yang menimpa kaum wanita tidak hanya terpusat pada pemerkosaan.
DL: 28 September 2014, 00:00 WITA

Pengumuman: 28 Oktober 2014

Diharapkan pada setiap peserta agar benar-benar memperhatikan 6 kriteria penilaian di atas. Karena begitu antologi cerpen ini telah terbit, akan diadakan promosi sekaligus bedah buku pada beberapa SMA dan SMP di pulau Lombok, sebagai bentuk gerak kepedulian untuk melindungi kaum wanita dari tindak asusila dan kekerasan, yang insyaallah akan dilakukan dua minggu setelah terbit.

Karena itulah, seleksi akan kami PERKETATuntuk menjaga kualitas sekaligus mengangkat nama penerbit Pena House.

Salam Pemberontakan.

ABarrud D

(PJLomba)

Untukinfo dan pertanyaan lebih lanjut, silahkan posting di beranda fb

Barrud Darovi.

*****

DL 30 Sep

Lomba Menulis Cerpen Bertema ‘Pengalaman Pertama Masuk Sekolah’
August 29, 2014 at 2:36pm

Halooo…. wah, sudah lumayan lama ya rasanya tidak mengadakan lomba menulis cerpen. Karena sudah banyak teman yang menunggu lomba menulis cerpen dari oksana, akhirnya kami memutuskan untuk segera memosting info lengkap LOMBA MENULIS CERPEN ini.

Pada even menulis kali ini, Oksana ingin mengajak teman-teman bernostalgia mengingat kembali pengalaman pertama ketika masuk sekolah. Kami yakin, ada banyak hal lucu, tak terduga, mengharukan, menyenangkan, bahkan menyedihkan ketika kita baru pertama kali menginjak bangku sekolah.

Pengalaman unik dan indah kalian, rasanya sayang sekali ya kalau tidak dituangkan menjadi sebuah karya yang layak dibaca orang banyak. Agar kisah kalian abadi, maka dari itu, silakan saja tuliskan KISAH tersebut menjadi sebuah cerita utuh dan menarik sesuai dengan ketentuan berikut ya, harap diperhatikan!

Naskah berbentuk CERPEN,
Boleh kisah nyata, fiktif, tapi bukan naskah hasil plagiasi
Cerpen bertema ‘PENGALAMAN PERTAMA MASUK SEKOLAH’. Boleh masuk SD, SMP, atau SMA
Cerpen minimal 2 halaman dan maksimal 6 halaman.
Tuliskan cerpen dalam ms.word 2007 dengan font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5
Tulis biodata lengkap yang berisi (NAMA ASLI, NAMA PENA, ALAMAT, AKUN FB/TWITTER, EMAIL) setelah naskah cerpen.
Kirim naskah via email ke oksana.menulis@gmail.comdengan subjek JUDUL-NAMA PENULIS
naskah tolong dilampirkan/attachment, bukan di badan email.

silakan bantu sebarkan info ini. Terserah mau tag berapa orang karena poin ini sifatnya sukarela ya. yang mau bantu menyebarkan info ini sebelumnya kami ucapkan terima kasih.
naskah cerpen kami tunggu hingga 30 September 2014
info hadiah dan pemenang

naskah-naskah yang layak terbit akan diterbitkan di penerbit oksana.

pemenang pertama mendapat 1 eksemplar buku bukti terbit.
untuk pemenang 1 dan 2 akan mendapatkan voucher penerbitan reguler masing-masing senilai Rp. 150.000.
para kontributor yang naskahnya terpilih untuk dibukukan mendapat potongan harga 10% tiap pembelian buku yang diterbitkan.
PENGUMUMAN PEMENANG DAN KONTRIBUTOR TERPILIH TANGGAL 10 OKTOBER 2014

Salam,

OKSANA

CP 083831498380

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s