Catatan Seorang Ibu

EMERGENCY CALL PLN

Siapa sangka PLN tega memutuskan aliran listrik daerah Pekan Baru karena telat bayar listrik nunggak sekitar 3M lebih. Hal ini juga pernah hampir terjadi di rumah saya minggu lalu di Depok, karena lupa bayar, berhubung rumah saya jarang disinggahi, paling kalo sempat tiap akhir pekan saja ditengok. Waktu itu ketika baru datang, di depan pintu rumah ada surat pemberitahuan dari PLN Depok bahwa listrik di rumah akan diputus jika tunggakan tidak dibayar dan memang saat itu kondisi listrik di rumah mati, sementara tetangga sebelah kiri kanan depan rumah nyala semua. Bayangkan, ketika Anda pulang ke rumah, ingin istirahat, kondisi lapar dan penat, ternyata listrik mati, air mati, untuk mandi, masak dan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan listrik tidak bisa seperti nonton tv atau browsing internet. Saat itu baru berasa, betapa pentingnya arti sebuah listrik. Sekilas terpikir ada penyesalan kenapa minggu lalu rumah tidak di tengok atau kenapa juga lupa telat bayar padahal sudah merupakan kebiasaan,itu anggaran tiap bulan yang harus dikeluarkan sehingga listrik tidak harus diputus. Dengan harap cemas saya menghubungi kantor PLN, dan tepat seperti dugaan teleponnya tidak ada yang mengangkat karena hari itu Sabtu, mungkin saja PLN libur. Untung saja saya menyimpan nomor telepon salah seorang petugas listrik yang biasa mengecek meteran listrik di rumah setiap periode tertentu. Alhamdulillah beliau menyanggupi untuk datang memeriksa dan membetulkan instalasi listrik. Menunggu lebih dari satu jam tidak datang, beliau sms bahwa saudaranya yang akan datang. Penasaran saya chek, ternyata saklar meterannya bergeser ke angka 0, pantas saja listriknya padam. Tinggal geser ke anggka 1, listrikpun kembali menyala. Karena panic, dan tidak pernah terjadi pemutusan sebelumnya, makanya hal ini tidak terpikirkan sebelumnya oleh saya. That’s silly thing, tidak harus orang PLN, orang awam juga bisa.Tidak lama petugas PLN saudaranya datang, dan saya jelaskan apa yang terjadi. Dengan tersenyum Diapun berpesan, jika listrik padam, jangan panic, periksa dulu semua ruangan, lihat tetangga sebelah, jika semuanya nyala, berarti saklarnya turun. Jika memang instalasinya yang rusak baru hubungi petugas PLN huehehe.
Noted.
Simpan surat bukti pembayaran dan nomor telepon PLN atau Petugas PLN
jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan listrik seperti kebakaran di gardu listrik dekat rumah saya beberapa waktu lalu, atau listrik padam karena suatu hal, bisa segera diambil tindakan.
Gangguan PLN Depok : 021-778 24057, 778 24054-56
silahkan klik http://www.pln.co.id atau http://www.jakarta.pln.co.id

One response

  1. meryn

    Makasih banget infonya,kali ini aku bingung mba krn biasanya pembayaran listrik ku dibawah 100rb.bln ini jd 300rb lebih.aku jd bs ngehubungi pln dg cpt.

    March 9, 2012 at 8:17 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s