Catatan Seorang Ibu

“First Think First ”

Hal terpenting dalam hidup menurut Ayah saya di usianya yang menjelang 70 tahun adalah keseimbangan hidup, dunia dan akhirat. Menggunakan sebaik mungkin yang 5 perkara sebelum datang yang 5, yaitu masa muda sebelum datang masa tua, masa luang sebelum datang masa sibuk, waktu sehat sebelum datang sakit, waktu kaya sebelum datang miskin, dan hidupmu sebelum datang matimu maksudnya adalah supaya kita mempergunakan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sebelum hilangnya kesempatan tersebut. Lima hal itu merupakan hal yang penting dalam hidup manusia, karena kunci kesuksesan itu terletak pada bagaimana kita “mempergunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya”.Mempergunakan kesempatan adalah bentuk pasrah pada upaya & usaha, bukan pada hasil. Prinsip pasrah pada upaya & usaha akan membentuk jiwa yang kuat, dan tidak mudah putus asa. Bila upaya kita belum sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita tidak lantas putus asa, karena kewajiban kita adalah berupaya, berupaya dan berupaya.
Hal penting lainnya dalam hidup menurut saya selain berupaya dan berdoa adalah tidak lengah, atau mengabaikan hal penting yang seharusnya kita lakukan menjadi prioritas walau bagaimanapun kondisinya, karena bisa menjadi penyesalan seumur hidup. Kadang memanfaatkan moment hal-hal kecil yang menyenangkan jangan sampai terlewatkan dan berlalu begitu saja karena tujuan hanya sebagian saja dari hasil, yang terpenting adalah proses.
Hal penting yang akan dibawa sampai mati yaitu: 1. Doa anak sholeh , 2. Ilmu yang bermanfaat 3. Amal jariah . Hal tersebut merupakan investasi ibadah, karena jika berhasil meraih ke-3nya insyaAllah bisa membawa kesuksesan dunia dan akhirat. Amin Ya Robbal Alamin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s